Pinjaman KUR Mandiri Tabel Angsuran KUR Mandiri 2020

Posted on

Pinjaman KUR Mandiri 2020 – bagi anda yang ingin tau tentang tabel pinjaman KUR terbaru 2020 dan Apa KUR itu?, sangat tepat mengunjungi website ini karena saya akan jelaskan dengan jelas dan detil yuk simak penjelasannya dan dibaca pelan-pelan aja.

Kredit Usaha Rakyat atau sering disebut KUR Adalah salah satu Kredit program pemerintah untuk modal usaha mikro, kecil, dan menengah.

kenapa saya katakan salah satu program pemerintah? karena di Bank mandiri itu ada 4 jenis KUR. nanti saya jelaskan satu2. Selain Pinjaman KUR Mandiri ada juga KUR BRI dan KUR BNI.

Untuk Siapa sih Pinjaman KUR Mandiri itu?

Penyaluran kredit usaha rakyat KUR mandiri sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu untuk para rakyat yang punya sektor usaha warung dan bidang pertanian. Selain itu KUR juga dapat membiayai koperasi yang sudah berdiri namun belum bankable (layak dari segi keuangan). Melalui pola pembiayaan secara langsung maupun tidak langsung (linkage) yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Kredit.

Jadi, Apa sih KUR Bank Mandiri Itu?

Intinya KUR mandiri itu adalah pinjaman modal dari pemerintah melalui Bank BUMN untuk rakyat sebagai modal usaha dengan bunga rendah dan tanpa jaminan.

Jadi hanya bank BUMN yang bisa menyalurkan KUR. Bank BUMN ada 3: Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI. silahkan kunjungi kantor cabangnya sesuai domisili anda.

Jenis KUR di Bank Mandiri dan Plafondnya

Bank Mandiri Memiliki 4 jenis KUR

  1. KUR Mikro untuk warung usaha kecil, batasan kredit maksimal sampai Rp 25 juta per nasabah dan jangka waktu maksimal 2 tahun. Biasanya untuk nasabah yang belum pernah minjam ke Bank.
  2. KUR Ritel, Batasan kredit di atas Rp 25 juta sampai maksimal Rp 200 juta per nasabah dan jangka waktu paling lama 3 tahun untuk kredit modal Usaha, dan 5 tahun untuk kredit investasi, misalnya beli mobil, beli tanah, mesin untuk pabrik dan lain-lain.
  3. KUR Penempatan TKI, limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per nasabah. Jangka waktunya disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan. Jadi biasanya kontrak kerja itu setahun sekali, makanya hanya bisa 1 tahun saja.
  4. KUR Khusus, kreditnys di atas Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta. Biasanya diberikan kepada Gabungan kelompok tani (gapoktan) perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat.

Plafond dan Jangka waktu KUR Bank Mandiri

KUR Mikro maximal 25Juta, Jangka waktu:

  1. maximal 3 tahun untuk jangka waktunya untuk kredit/ pembiayaan modal kerja, atau
  2. maximal 5 tahun untuk kredit/ pembiayaan investasi, misalnya beli kendaraan, tanah, rumah dan mesin.

KUR Ritel diatas 25 juta sampai 200juta. Jangka waktunya:

  1. maximal 4 tahun untuk kredit/pembiayaan modal usaha, atau
  2. maximal 5 tahun untuk kredit/pembiayaan investasi, misalnya beli kendaraan, tanah, rumah dan mesin.

KUR Penempatan TKI maximal 25 juta jangka waktunya 1 tahun saja, sesuai kontrak kerja.

KUR Khusus diatas 25 Juta sampai 500juta, jangka waktunya:

  1. Maximal 4 tahun untuk kredit/ pembiayaan modal kerja; atau
  2. Maximal 5 tahun untuk kredit/ pembiayaan investasi, misalnya beli kendaraan, tanah, rumah dan mesin.

nah itu aja jenis KUR Bank mandiri dan flafondnya, silahkan ajukan sesuai kriteria anda ya….

Syarat mengajukan KUR Mandiri

  • Calon nasabah tidak sedang memiliki pinjaman bank lain atau
  • Calon nasabah KUR Mikro dan Ritel bisa sedang memiliki kredit KUR, tapi harus di bank yang sama, dengan tujuan penggunaan kredit untuk kepemilikan rumah, leasing kendaraan bermotor, kartu kredit, dengan setoran lancar tidak pernah nunggak.
  • Jika nasabah masih memiliki tercatat memiliki pinjaman Kredit di luar program KUR tetapi yang bersangkutan telah melunasinya, maka diperlukan Surat Keterangan Lunas/ Roya dan melapirkan rekening Koran dari Bank Sebelumnya.
  • Tidak masuk Daftar Hitam Nasional Penarik Cek dan Bilyet Giro Kosong.
  • Nasabah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dengan
  • melapirkan KTP atau Akte Kelahiran, KK dan Surat Nikah dan
  • saat kredit lunas nasabah berusia maksimal 60 tahun.
  • Mempunyai usaha yang telah berjalan 6 bulan.

Tabel Angsuran KUR Mandiri

berikut ini adalah tabel angsuran bank mandiri yang saya update, tabel angsuran kur mandiri bisa berubah tergantung kebijakan pemerintah dan akan saya update terus.

tabel-angsuran-kur-mandiri
tabel-angsuran-kur-mandiri

yang perlu anda catat adalah besar atau kecil pinjaman anda adalah hutang yang harus dibayar, jadi gunakan tabel ini untuk patokan dasar anda dalam mengukur kemampuan bayar anda.

Bunga KUR Bank Mandiri

Bunga KUR bank mandiri sangat murah jika dibandingkan dengan pinjaman yang lain, karena ada subsidi dari pemerintah. Jika dihitung pertahun hanya 7% saja, kalo dihitung perbulan hanya 0,2 % saja. tetapi KUR hanya bisa untuk nasabah baru yang belum pernah punya pinjaman atau nasabah yang lancar dalam angsuran.

sebaiknya anda pertimbangkan dengan matang, karena cicilan yang nunggak akan berakibat fatal mulai denda dan blacklist, hingga lelang jaminan.

Bagaimana Cara Pengajuan KUR Mandiri?

Setelah saya jelaskan jenis Pinjaman KUR Mandiri dan Tabel Angsuran KUR Mandiri kini saatnya saya paparkan cara mengajukan KUR Bank mandiri.

Caranya sangat gampang ikuti tahapan berikut ini:

  1. Siapkan KTP, KK, Surat nikah
  2. datangi Bank Mandiri sesuai domisili
  3. Minta bantuan satpam untuk mengambil antrian ke Customer Service
  4. Antri sesuai nomor panggilan
  5. Datangi CS dan isi formulir atau jawab pertanyaan seputar usaha anda, mulai omset dan penghasilan bersih.
  6. Data anda akan di bi Ceking, proses tunggu selama 2 hari.
  7. Tunggu kabar selanjutnya dari pihak Bank atau tanyakan kembali kepada CS yang menerima data anda.

yups itulah artikel tentang pinjaman KUR Mandiri beserta tabel angsuran KUR Mandirinya semoga artikel saya bermanfaat, see you.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *